PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM PENJAMINAN MUTU DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNY

Giri Wiyono, Drs., M.T (2008) PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM PENJAMINAN MUTU DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNY. UNY.

[img]
Preview
Text
Giri_Wiyono.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian "Research and Develop¬ment" (R & D) untuk mengembangkan model evaluasi pro¬ses pembelajaran berbasis sistem penjaminan mutu di Jurusan Pendidik¬an Teknik Elektro FT UNY. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah rancangan model evaluasi proses pembelajaran ber¬basis sistem penjaminan mutu dengan pendekatan proses yang digunakan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY?; (2) Bagaimanakah kelayak¬an model evaluasi proses pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY berdasarkan sistem penjaminan mutu de¬ngan pendekatan proses tersebut? Tujuan penelitian ini untuk: (1) Merancang model evaluasi proses pembelajaran berbasis sistem penjaminan mutu di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY; (2) Mengembangkan model evaluasi proses pembelajaran berbasis sistem penjaminan mutu dengan pendekatan proses di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY; (3) Mengetahui tingkat kelayakan model evaluasi proses pembelajaran berdasarkan sistem penjaminan mutu dengan pendekatan proses; (4) Meningkatkan kepuasan pelayanan pem¬belajaran terhadap mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk menyem¬pur¬na¬kan model evaluasi proses pembelajaran berdasarkan sistem penjaminan mutu di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Dengan adanya model evaluasi proses pembelajaran berdasarkan sistem penjaminan mutu ini dapat diperoleh umpanbalik dari mahasiswa tentang mutu proses pembelajaran dosen dan tingkat kepuasan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Model evaluasi proses pembelajaran berbasis sistem penjaminan mutu dengan pendekatan proses yaitu seperangkat alat ukur untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran di Jurusan Pen¬didikan Teknik Elektro FT UNY yang berfokus dan berorientasi pada kepuasan mahasiswa. Seperangkat alat ukur ini berbentuk kuesioner yang memuat 24 butir-butir pernyataan yang memenuhi kelayakan untuk dijadikan sebagai instrumen pengukuran per¬kuliahan yang disampaikan oleh dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY; (2) Hasil model evaluasi proses pembelajaran berbasis sistem penjaminan mutu tersebut mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa. Hal ini menunjuk¬kan bahwa aspek-aspek tersebut menggambarkan kepuasan ma¬hasiswa dalam menerima materi perkuliahan/pembelajaran selama satu semester yang disampaikan oleh dosen sesuai dengan standar penjaminan mutu yang telah ditentukan dalam bidang akademis di UNY. FT, 2008 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints Depositor
Date Deposited: 25 Jun 2012 04:33
Last Modified: 06 Aug 2012 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item