Kualitas bahan ajar dan pemanfaatan bahan ajar berupa buku paket di SMK N 2 Yogyakarta Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X

Ariska W, Widapratama (2011) Kualitas bahan ajar dan pemanfaatan bahan ajar berupa buku paket di SMK N 2 Yogyakarta Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK-ENG.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas bahan ajar dan pemanfaatan bahan ajar berupa buku paket di SMK N 2 Yogyakarta Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X. Kualitas bahan ajar tersebut dinilai menggunakan penilaian buku yang digunakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Kelayakan Isi dan Standar Kelayakan Penyajian. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X, XI XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 83 orang dan guru mata pelajaran produktif program keahlian tersebut sebanyak 17 orang. Penelitian ini menggunakan metode mix-reserach dengan jenis Analisis Isi (Content Analysis). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan skala Likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan simpangan baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kualitas buku paket ditinjau dari segi kelayakan isi dengan nilai pencapaian pada mata pelajaran responden guru: (a) PKDLE sebesar 68,33;(B) PIL 1 Fasa sebesar 76,33; (c) PMDK sebesar 67,67; (d) GT sebesar 75; (2) kualitas buku paket ditinjau dari segi kelayakan penyajian dengan nilai pencapaian pada mata pelajaran responden guru: (a) PKDLE sebesar 46;(B) PIL 1 Fasa sebesar 50,33; (c) PMDK sebesar 46,67; (d) GT sebesar 51; (3) pemanfaatan buku paket responden siswa dengan nilai 95,75.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 03:49
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item