RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI BAGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH DASAR LISTRIK

Ariadie Chandra Nugraha, S.T., M.T. (2011) RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI BAGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH DASAR LISTRIK. UNY.

[img]
Preview
Text
Ariadie_Chandra_Nugraha.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain (1) mengetahui unjuk kerja hasil rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis multi¬media mata kuliah Dasar Listrik, (2) mendapatkan pola implemen¬tasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang tepat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar Dasar Listrik sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bagi mahasiswa pada mata kuliah tersebut dan (3) mengetahui kompetensi yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah Dasar Listrik yang dalam perkuliah¬an¬nya mengimplementasikan media pembelajaran interaktif berbasis multi media. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) untuk mengimplementasikan media pembelajaran intetraktif berbasis multimedia yang telah dibuat pada kegiatan proses belajar mengajar mata kuliah Dasar Listrik pada semester genap Tahun Akademik 2006/2007. Cara memperoleh data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, uji kompetensi dan kolaborasi dengan kolaborator. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data diantaranya adalah angket, soal uji kompetensi dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) unjuk kerja hasil rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis multimedia mata kuliah Dasar Listrik antara lain ditandai dengan skor penilaian oleh ahli materi menunjukkan persentase 73,25% yang dikategorikan baik, ahli media sebesar 69,5% yang dikategorikan baik dan mahasiswa sebesar 79,25% yang dikategorikan baik serta jika persentase penilaian oleh ketiga pihak tersebut dirata-rata menunjukkan hasil 74% yang berarti masuk kategori baik, (2) pola implementasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dalam pembelajaran Dasar Listrik antara lain pembagian kelompok mahasiswa dengan anggota maksimal 5 orang, ceramah dengan didukung pengoperasian media pembelajaran secara klasikal ditambah tanya jawab, tugas dan diskusi kelompok yang memanfaatkan media pembelajaran interaktif serta presentasi tiap kelompok dilanjutkan tugas secara individu untuk mempelajari materi dengan mengoperasikan media pembelajaran di rumah. Langkah-langkah tersebut ditunjang dengan waktu yang memadai, latihan mengerjakan soal yang cukup serta pengembalian hasil tugas individu dan kelompok yang cepat dan (3) kompetensi yang dicapai mahasiswa pada perkuliahan Dasar Listrik, yang mengimplementasikan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia, yang ditandai dengan pencapaian nilai rata-rata uji kompetensi menunjukkan bahwa pada siklus pertama nilai rata-rata yang dicapai mahasiswa adalah 70,69 sedangkan pada siklus ke dua meningkat menjadi 74,86, yang keduanya termasuk dalam kategori baik. FT, 2007 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints Depositor
Date Deposited: 25 Jun 2012 03:44
Last Modified: 06 Aug 2012 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item