PENGEMBANGAN SIMULATOR PENGUJIAN GERBANG LOGIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Antoko Dwi, Prasetyo (2011) PENGEMBANGAN SIMULATOR PENGUJIAN GERBANG LOGIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
LOGIC_GATE_SIMULATOR_FOR_TESTING_LEARNING_AS_EYE_MEDIA_TRAINING_BASIC_ELECTRONIC_STATE_IN_SMK_1_SEDAYU.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran simulator pengujian gerbang logika, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1 Sedayu pada mata diklat dasar elektronika dengan penerapan media pembelajaran simulator pengujian gerbang logika dan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dan eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas XI TITL B sebagai kelompok dengan pembelajaran menggunakan media simulator pengujian gerbang logika dan kelas XI TITL A sebagai kelompok dengan media pembelajaran konvensional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari penggunaan media pembelajaran simulator pengujian gerbang logika dan penggunaan media pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas serta hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes. Analisis data menggunakan deskriptif analisis dan t-test analisis dengan bantuan software aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Media pembelajaran simulator pengujian gerbang logika dapat bekerja dengan baik sesuai dengan unjuk kerja yang telah direncanakan dalam tabel kebenaran karakteristik gerbang logika. 2) Hasil penilaian uji kelayakan media oleh ahli materi 89%, ahli media 84%, dan pengguna 84%. Berdasarkan tiga hasil pengujian tersebut dapat diinterpretasikan bahwa media simulator pengujian gerbang logika sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Pengujian perbedaan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara inverence pada t-test for Equality of Means sebesar 0,022. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. 4) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media simulator pengujian gerbang logika lebih tinggi dari pada hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan media konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 77,96, sedangkan kelompok kontrol 72,05. Perbedaan rata-rata hasil belajar kedua kelompok tersebut mencapai 5,91. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM), persentase kelulusan siswa kelompok eksperimen mencapai 83% sedangkan untuk kelompok kontrol mencapai 53%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 03:44
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item