PENATAAN PERALATAN BENGKEL PRAKTEK LISTRIK BERBASIS 5R (5S) DAN KEPUASAN PELAYANAN PRAKTEK SISWA SMK BERSERTIFIKASI ISO 9001:2008 DI KOTA YOGYAKARTA

Anjar, Nurrohman (2011) PENATAAN PERALATAN BENGKEL PRAKTEK LISTRIK BERBASIS 5R (5S) DAN KEPUASAN PELAYANAN PRAKTEK SISWA SMK BERSERTIFIKASI ISO 9001:2008 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ELECTRICAL_WORKSHOP_EQUIPMENT_MANAGEMENT_BASED_ON_5R_(5S_)_AND_STUDENT_PRACTICE_SERVICES_SATISFACTION_AT_ISO_9001-2008_CERTIFIED_VOCATIONAL_HIGH_SCHOOL.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi penataan peralatan praktek berbasis 5R (5S) yaitu Ringkas (Seiri), Rapi (Seiton), Resik (Seiso), Rawat (Seiketsu), dan Rajin (Shitsuke), tingkat kepuasan siswa terhadap pelayanan praktek, serta hubungan penataan peralatan berbasis 5R (5S) dengan kepuasan pelayanan bengkel praktek listrik SMK bersertifikasi ISO 9001:2008 di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Obyek penelitian adalah bengkel praktek listrik SMK bersertifikasi ISO 9001:2008 di Kota Yogyakarta meliputi bengkel praktek listrik BLPT, SMK PIRI 1 dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sumber data diperoleh melalui angket yang diisi oleh 167 responden dari 320 siswa pelanggan/pengguna bengkel praktek. Penentuan jumlah responden tersebut menggunakan tabel yang dikembangkan Isaac dan Michael pada tingkat kesalahan 5%. Wawancara, lembar observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperkuat data yang telah didapatkan melalui angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi korelasi. Pengolahan data menggunakan bantuan program MS. Excell 2007 dan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi penataan peralatan praktek berbasis 5R (5S) termasuk kriteria baik yaitu persentase Ringkas (Seiri) 62,962%, Rapi (Seiton) 66,796%, Resik (Seiso) 62,74%, Rawat (Seiketsu) 64,88%, dan Rajin (Shitsuke) 66,587%. (2) Kepuasan pelayanan praktek termasuk kriteria tinggi (75,725%). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan peralatan praktek berbasis Ringkas dan kepuasan pelayanan praktek (r = 0,528). (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan peralatan praktek berbasis Rapi dan kepuasan pelayanan praktek (r = 0,509). (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan peralatan praktek berbasis Resik dan kepuasan pelayanan praktek (r = 0,524). (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan peralatan praktek berbasis Rawat dan kepuasan pelayanan praktek (r = 0,560). (7) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan peralatan praktek berbasis Rajin dan kepuasan pelayanan praktek (r = 0,527). (8) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan peralatan praktek berbasis Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin secara bersama-sama dengan kepuasan pelayanan praktek dengan koefisien korelasi bersama R = 0,693 dan sumbangan sebesar 48% ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 = 0,48.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 03:43
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item