Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pembelajaran Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Anita, Indrawati (2011) Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pembelajaran Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
The_Relationship_between_Learning_Style_and_Learning_Motivation_to_Students’_Learning_Achievement_in_Doing_Local_Network_Device_Installation_Learning_for_Students_of_SMK_Muhammadiyah_3_Yogyakarta.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada pembelajaran Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto (korelasional) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 77 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Gaya Belajar (X1), Motivasi Belajar (X2), dan Prestasi Belajar pada pembelajaran Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal siswa kelas XI Program Keahlian TKJ SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Y). Teknik pengumpulan data untuk variabel gaya belajar dan motivasi belajar menggunakan metode angket dengan skala Likert, sedangkan untuk variabel prestasi belajar dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus, dan simpangan baku. Analisis korelasi Kendall Tau dengan taraf signifikansi 5% digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar dengan koefisien korelasi 0,244. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan koefisien korelasi 0,225. Guru perlu lebih mengarahkan gaya belajar, dan motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 03:43
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item