UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LENGAN ROBOT DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN

Andik, Asmara (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LENGAN ROBOT DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EFFORTS_TO_IMPROVE_PERFORMANCE_LEARNING_USING_ROBOT_ARM_MEDIA_IN_SMK_2_DEPOK_SLEMAN.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pelaksanaan upaya peningkatan prestasi belajar siswa, besarnya persentase peningkatan prestasi belajar siswa, dan hubungan antara motivasi dengan prestasi dalam mata pelajaran mengoperasikan sistem mikroprosesor dengan bantuan media pembelajaran aplikatif berupa lengan robot pemindah barang berbasis ATMega16 yang dilaksanakan di SMKN 2 Depok Sleman. Peningkatan hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengoperasikan sistem mikroprosesor ditandai dengan aktivitas siswa seperti mendengarkan, komitmen terhadap tugas, mendorong adanya partisipasi, mengambil giliran dalam berbagai tugas, menghargai kontribusi, menerima tanggung jawab, bertanya dan mengatasi gangguan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (Classrom Action Research). Terdapat tiga siklus, setiap siklusnya dilaksanakan tindakan selama 4 x 45 menit. Dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil observasi siklus-I, siklus-II, dan siklus-III. Pengolahan data menggunakan analisis statistik diskriptif, Anakova dan korelasi bivariat. Hasil penelitian menunjukan tindakan pembelajaran dalam memadukan media pembelajaran aplikatif lengan robot pemindah barang dengan teknik penyajian materi dan pendampingan kelompok praktik mampu meningkatkan tingkat prestasi siswa. Peningkatan tersebut ditandai dengan adanya peningkatan rerata prestasi siklus-I, II, dan III yaitu sebesar 80,67%, 85,67% dan 90,17%, serta selaras dengan peningkatan kelulusan siswa yaitu dari siklus-I, II, III dengan besaran 76,67%, 90%, dan 100%. Sedangkan hasil analisis dari hubungan motivasi dengan tingkat prestasi siswa tidak signifikan terkait, dengan ditandai besaran sumbangan efektif motivasi yaitu dari siklus-I, II, dan III sebesar 3,7%, 0,29% dan 0,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 03:39
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item