EVALUASI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK GURU KELAS SATU SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. Arif Yulianto, (2012) EVALUASI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK GURU KELAS SATU SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
A. Arif Yuliyanto.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru kelas satu di sekolah dasar se- kecamatan Kutoarjo, kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan campuran yang merupakan penggabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi. Penelitian ini mengambil 15 sampel sekolah dasar di kecamatan Kutoarjo, kabupaten Purworejo dan mengambil 15 guru kelas satu sekolah dasar tersebut sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket yang diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara serta dipertegas dengan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 guru yang menjadi subjek penelitian telah melaksanakan model pembelajaran tematik. Dalam tahap melaksanakan perencanaan pembelajaran diperoleh data sebanyak 7 guru (46,67%) dalam ketegori baik, 5 guru (33,33%) dalam kategori cukup, dan 3 guru (20%) dalam kategori sedang, dalam tahap melaksanakan pembelajaran menunjukkan bahwa 7 guru (46,67%) dalam ketegori baik, 3 guru (20%) dalam kategori cukup, dan 5 guru (33,33%) dalam kategori sedang, dan untuk tahap penilaian pembelajaran menunjukkan bahwa 5 guru (33,33%) dalam ketegori baik, 6 guru (40%) dalam kategori cukup, dan 4 guru (26,67%) dalam kategori sedang. Kesimpulan umum berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data bahwa dalam tahap pelaksaanaan guru kelas satu masih dalam tahap mengadopsi yaitu mencontoh dari contoh RPP dan silabus yang sudah ada, dalam tahap pelaksanaan menunjukkan bahwa tampak ada ketidaktepatan dalam guru melaksanakan model pembelajaran tematik dimana dalam model pembelajaran tematik seharusnya setelah guru melakukan apersepsi dilanjutkan masuk ke dalam tema besar, bukan masuk ke mata pelajaran, dan untuk tahap penilaian guru terkendala dengan harus mengembalikan penilaian ke masing-masing mata pelajaran. Saran kepada guru apabila menghadapi kendala dalam melaksanakan model pembelajaran tematik hendaknya bertanya kepada pengawas supaya tidak terjadi kesalahan dalam melaksanakan model pembelajaran tematik. Kata Kunci: Evaluasi, Model Pembelajaran Tematik, Guru Kelas Satu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jun 2012 06:26
Last Modified: 07 Sep 2015 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item