Represetasi Literasi Kritis dalam Buku Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas di Indonesia.

Mbau, Anitha Thalib and Purbani, Widyastuti (2020) Represetasi Literasi Kritis dalam Buku Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas di Indonesia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-anitha thalib mbau-17716251024.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi literasi kritis dalam buku-buku pelajaran bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas di Indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana literasi kritis direpresentasikan dalam buku-buku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi kualitatif. Penelitisn ini menerapkan proses deduktif. Sumber data penelitian ini adalah tiga buku teks Bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas di Indonesia yang dikenal sebagai Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang diterbitkan oleh pemerintah. Data dikumpulkan dengan menerapkan teknik mencatat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan dan menganalisis data, konstruk analitis sebagai panduan untuk mengumpulkan data yang relevan, dan tabel lembaran data sebagai media untuk mencatat data. Data dianalisis secara kualitatif dengan menerapkan spiral analisis data yang terdiri dari mendeskripsikan dan mengklasifikasikan, menafsirkan, dan merepresentasikan. Peneliti menggunakan penglarasan atau peer-debbriefing untuk mempertahankan kepercayaan data dan analisisnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada representasi keempat dimensi literasi kritis dalam buku-buku pelajaran Bahasa Inggris. Namun, masih perlu dilakukan eksplorasi lebih lanjut untuk melibatkan siswa dalam keempat dimensi dengan sukses. Ada dua cara dalam merepresentasikan literasi kritis yaitu representasi fungsional dan topikal. Namun, masih perlu dieksplorasi lebih lanjut juga untuk membantu siswa meningkatkan literasi kritis mereka. Keterbatasan data yang ditemukan terkait dengan tidak adanya koneksi terhadap aspek sosio-politik dan komitmen pada keadilan sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Literasi kritis, Buku pelajaran bahasa Inggris di Indonesia, Sekolah menengah atas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:17
Last Modified: 19 Apr 2021 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70486

Actions (login required)

View Item View Item