Pengembangan Model Manajemen Evaluasi Kinerja Manajerial dan Akademik (MOMEN SINEMA) Kepala SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yuliana, Lia and Sugiyono, Sugiyono (2020) Pengembangan Model Manajemen Evaluasi Kinerja Manajerial dan Akademik (MOMEN SINEMA) Kepala SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
abstrak-lia yuliana-17704269001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK yang efektif, efisien, praktis, meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan keberjanjutan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 tahapan penelitian. Validasi pakar melibatkan 8 pakar pada validasi pada tahap 1 dan 10 pakar pada validasi tahap 2. Uji coba dan implementasi dilakukan sebanyak 3 kali di mana pada tahap 1 dilaksanakan di SMK N I Yogyakarta, tahap 2 dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dan SMK N I Kasihan Bantul, dan tahap 3 dilaksanakan di SMK N 2 Depok Sleman, SMK N 5 Yogyakarta, dan SMK N I Sedayu Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi ahli, angket, wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen angket dianalisis dengan SPSS for Windows versi 21.0. Analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah berjalan selama ini adalah model Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang dilaksanakan tahunan dan empat tahunan; 2) kelemahan dan hambatan dalam implementasi model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK yang telah ada selama ini menyangkut nilai eksternal, instrumen, waktu penilaian, hasil penilaian yang tertutup, dan tidak adanya pengawasan dan keberlanjutan, 3) model konseptual model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK yang efektif, efisien, praktis, dan akuratif dinyatakan layak secara teoritik berdasarkan validasi ahli dan pengguna, dan layak secara empirik melalui 3 tahap uji coba lapangan, 4) kelayakan model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK berdasarkan penilaian tahap pertama 8 ahli termasuk kategori layak dengan rerata 3.96 dan kelayakan panduan model termasuk kategori layak dengan rerata 3.97 dan tahap kedua 10 ahli termasuk kategori layak dengan rerata 4.37 dan kelayakan panduan model termasuk kategori layak dengan rerata 4.38. 5) keefektifan model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa Model Manajemen Evaluasi Kinerja Manajerial dan Akademik (MOMEN SINEMA) lebih efektif jika dibandingkan dengan model PKKS dengan dimana t-hitung lebih besar daripada t-tabel (t-hitung =11,103 > t-tabel = 1.685) dengan p<0,05, dan dengan rerata penilaian MOMEN SINEMA lebih besar daripada PKKS (4,313 > 3,606). Model juga efisien dan praktis menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan keberjanjutan; dan 6) tanggapan Dinas Dikpora, Balai Dikmen, pengawas, dan kepala sekolah terhadap model manajemen evaluasi kinerja manajerial dan akademik kepala SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikembangkan menunjukkan tanggapan yang positif dibuktikan dengan hasil penilaian dari Dinas Dikpora 4.33, Balai Dikmen 4.33, pengawas 4.50, dan kepala sekolah 4.67. Hal ini menunjukkan bahwa model yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model, manajemen evaluasi, kinerja manajerial, kinerja akademik, kepala SMK.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:48
Last Modified: 06 Dec 2021 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70220

Actions (login required)

View Item View Item