PENGAMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA JURUSAN OTOMOTIF KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH I PLAYEN

Juhari, Isti (2012) PENGAMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA JURUSAN OTOMOTIF KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH I PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Isti Jauhari_06105241028.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran Teknik Dasar Otomotif ( TDO ) kelas X SMK Jurusan Otomotif semester I dengan materi “Sistem pada Komponen Mesin 4 Langkah” yang tervalidasi ditinjau dari aspek isi/materi, aspek pembelajaran, aspek tampilan, dan aspek pemrograman. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and development ) . Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 44 orang yang terdiri dari 4 orang siswa untuk uji coba satu lawan satu, 10 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 orang siswa untuk uji coba lapangan. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan instrumen angket (kuesioner). Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berbentuk CD Interaktif yang dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar pada mata pelajaran TDO kelas X SMK jurusan otomotif. Deskripsi CD interaktif yang dihasilkan berisi materimateri tentang komponen yang terdapat pada system mesin 4 langkah dengan animasi dan gambar untuk menjelaskan isi materi dan disertai soal-soal evaluasi . Hasil penelitian pengembangan menunjukan sudah memenuhi kriteria standar aspek pembelajaran mendapat rata-rata skor 3,9 dengan kriteria “baik”, aspek materi/isi mendapat rata-rata skor 4,1 dengan criteria “baik”, aspek tampilan mendapat rata-rata skor 4,2 dengan kriteria “sangat baik”, dan aspek pemrograman mendapat rata-rata skor 4,42 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, dari hasil uji coba lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata pelajaran TDO kelas X SMK jurusan otomotif dengan materi “Sistem pada Komponen Mesin 4 Langkah” sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 04 Oct 2012 08:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item