Wibowo, Tri (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE KELAS VIID SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak_FIP_KTP_Tri Wibowo_05105241007.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share sehingga prestasi belajar siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan secara langsung untuk mengetahui proses dan aktivitas pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan/ respon siswa terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan, wawancara untuk hal-hal yang tidak dapat atau kurang jelas diamati pada saat pengamatan berlangsung meliputi kesesuaian metode Think-Pair-Share dengan karakteristik siswa, kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode Think-Pair-Share, saran dalam menggunakan metode Think-Pair-Share selanjutnya. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dokumentasi untuk memberikan gambaran secara konkret mengenai aktivitas belajar siswa serta memperkuat data yang diperoleh dalam pengamatan/ observasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Peneliti bekerjasama atau berkolaborasi dengan salah satu guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya metode Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gantiwarno Klaten. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh data bahwa untuk pertemuan I rata-rata aktivitas siswa sebesar 57% dengan kategori tinggi, sedangkan untuk Pertemuan II rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 79.63% dengan kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 60,75 menjadi 86,94. Respon siswa terhadap penyampaian materi sebesar 82,98 % dengan kriteria sangat tinggi, respon siswa terhadap kerja kelompok secara berpasangan sebesar 60,87% dengan kriteria tinggi, respon siswa terhadap kegiatan presentasi hasil kerja kelompok secara berpasangan sebesar 59,49 % dengan kriteria tinggi, sedangkan respon siswa terhadap mengerjakan soal dan tugas sebesar 60,87 % dengan kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 28 Sep 2012 09:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6363 |
Actions (login required)
View Item |