PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE MODUL DENGAN METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK TUNAS HARAPAN PATI

Dwiarto, Bagus (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE MODUL DENGAN METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK TUNAS HARAPAN PATI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
bAGUS_dWIARTO.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa, yang menggunakan metode modul dengan yang menggunakan metode ceramah pada pembelajaran elektronika digital di SMK Tunas Harapan Pati. Pembelajaran elektronika digital dengan metode modul diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan metode ceramah diterapkan pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment. Instrumen yang digunakan berupa tes formatif untuk mengukur hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran elektronika digital. Untuk menganalisa mengunakan uji t (independent t test), untuk menerima atau menolak hipotesis pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode modul dengan yang menggunakan metode ceramah pada pembelajaran elektronika digital di SMK Tunas Harapan Pati. Ini terbukti dari hasil t hitung= 0,880 dengan tingkat signifikansi 0,384. Sedangkan rata- rata hasil belajar siswa antara metode modul dengan metode ceramah (metode modul= 7,32> metode ceramah= 6,96).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 17 Sep 2012 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item