Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Prodi Keahlian Elektronika Industri Di SMK Muhammadiyah Prambanan

AriyantO, Eka (2011) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Prodi Keahlian Elektronika Industri Di SMK Muhammadiyah Prambanan. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EKA_ARIYANTO_2011.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran KKPI, mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa, mengetahui seberapa besar prestasi belajar mata pelajaran KKPI, mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI, mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI, mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersamasama dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X Prodi Keahlian Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan populasi dan sampel penelitian siswa kelas X siswa Prodi Keahlian Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 39 orang. Pengumpulan data untuk variabel persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan motivasi belajar dilakukan menggunakan angket dan untuk variable prestasi belajar mata pelajaran KKPI berupa dokumentasi nilai ujian Standar Kompetensi dari guru pengampu. Uji validitas instrumen cara belajar melalui uji validitas logis, yakni melalui Expert Judgement (penelaahan isi oleh pakar) dan uji validitas empiris yakni analisis butir dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Indeks reliabilitas persepsi siswa tentang profesionalisme guru sebesar 0,950 dan untuk motivasi belajar sebesar 0,949. Hasil analisis deskriptif dari data yang diperoleh menunjukkan persepsi siswa tentang profesionalisme guru termasuk dalam kategori tinggi dengan prosentase rerata 66,67 % dan untuk motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi dengan prosentase rerata 56,41 % sedangkan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa dalam kategori baik dengan prosentase rerata 71,79%. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dengan hasil sebagai berikut: ada hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI dengan koefisien korelasi sebesar 0,513 dan sumbangan efektif sebesar 20,028%. Ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI dengan koefisien korelasi sebesar 0,480 dan sumbangan efektif vi sebesar 16,072 %. Ada hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X Prodi Keahlian Elektronika industri di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan koefisien korelasi sebesar 0,601 dan sumbangan efektif sebesar 36,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:37
Last Modified: 13 Sep 2012 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item