HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Andriyani, Vivin (2011) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
vivin_andriyani.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Motivasi Belajar Siswa, (2) Intensitas Belajar Siswa, (3) Hasil belajar siswa, (4) Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar TIK, (5) Hubungan Intensitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar TIK, dan (6) Hubungan Motivasi Belajar dan Intensitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan. Jumlah populasi sebesar 216 siswa dan sampel yang digunakan adalah 139 siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode tes. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Motivasi Belajar dan Intensitas Belajar, sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang Hasil Belajar TIK. Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisisa data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Analisis Regresi Sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan Analisis Regresi Ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar TIK, hal tersebut ditunjukkan dari harga Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan N = 139 pada taraf signifikansi 5% (11,696 > 3,92), (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar TIK, hal tersebut ditunjukkan dari harga Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan N = 139 pada taraf signifikansi 5% (17,276 > 3,92), (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar TIK, hal tersebut ditunjukkan dari harga Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan N = 139 pada taraf signifikansi 5% (15,872 > 3,07) Kata kunci :Motivasi Belajar, Intensitas Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:37
Last Modified: 13 Sep 2012 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item