SISTEM SIMULASI KONTROL LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN KEPADATAN JALAN BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER

Adityo, Pissesti SISTEM SIMULASI KONTROL LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN KEPADATAN JALAN BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER. Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PISSESTI_ADITYO.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari dibuatnya Proyek Akhir “Sistem Simulasi Kontrol Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Kepadatan Jalan Berbasis Programmable Logic Controller” dimaksudkan untuk mengetahui susunan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) dari sistem yang akan dibuat serta yang terpenting adalah mendapatkan suatu sistem perangkat lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan jalan yang dikendalikan oleh sebuah PLC . Metode yang digunakan dalam membuat sistem ini dikembangkan dalam beberapa tahapan yaitu, (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Analisis Kebutuhan, (3) Perancangan Sistem, (4) Perancangan Perangkat Keras, (5) Perancangan Perangkat Lunak, (6) Teknik Pengoperasian, dan (8) Pengujian Alat. Sedangkan untuk mendapatkan data dilakukan 3 langkah, yaitu (1) Studi Kepustakaan, (2) Konsultasi, dan (3) Praktik langsung. Sehingga didapat sistem simulasi kontrol lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan jalan berbasis Programmable logic controller yang terdiri dari (a) Selctor switch, milih keadaan ON atau keadaan OFF yang berfungsi memberi sumber kerangkaian panel, (b) Tombol Start, berfungsi untuk mengawali alat dalam beroperasi, (c) Tombol Stop, berfungsi untuk mengahiri alat dalam beroperasi, (d) Lampu listrik, sebagai lampu traffic light, (e) Photoelectric switch (Photo sensor), berfungsi untuk mendeteksi kendaraan, (f) Programmable Logic Controleler (PLC), berfungsi pengendali sistem. Simulasi ini diprogram oleh sebuah komputer yang akan dikirim datanya kePLC MITSUBISHI MELSEC FX0-30MR dengan menggunakan kabel data. PLC MITSUBISHI MELSEC FX0-30MR sebagai kendali sistem ini. Sistem simulasi kontrol lampu lalu lintas berdasarkan kepadatan jalan berbasis programmable logic controller disini, perempatan jalan yang diatur oleh sebuah lampu lalu lintas yang masing-masing jalurnya memiliki satu buah sensor yang telah ditentukan jaraknya dari tiang lampu lalu lintas yang menyatakan dua keadaan yaitu tidak padat (keadaan normal) dan padat suatu kendaraan yang telah ditentukan jaraknya. Untuk keadaan normal pada salah satu jalur maka nyala lampu hijau pada jalur tersebut 30 detik, untuk nyala lampu kuning keadaan normal 5 detik, dan keadaan yang menyatakan semua jalur normal pada satu putaran maka nyala lampu merah pada setiap jalur maka akan menyala selama 109,5 detik. Jika jalur tersebut menyatakan keadaan padat maka nyala lampu hijau pada jalur tersebut 60 detik, untuk nyala lampu kuning keadaan padat 5,5 detik, dan jika salah satu jalur ada sensor yang menyatakan keadaan padat maka nyala lampu merah akan menyala selama 140,5 detik.

Item Type: Other
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:37
Last Modified: 13 Sep 2012 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5563

Actions (login required)

View Item View Item