PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATA KULIAH ORIENTAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA TATABOGA

Yuriani, M.Pd. (2006) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATA KULIAH ORIENTAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA TATABOGA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Yuriani.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian tahap kedua mempunyai tujuan menghasilkan prototype media pembelajaran CD interaktif yang diperlukan dalam pembelajaran praktek mata kuliah Teknologi Pengolahan Makanan Oriental (TPMO) dan penyempurnaan produk CD interaktif mata kuliah Teknologi Pengolahan Makanan Kontinental (TPMK). Penelitian dirancang dalam jangka waktu tiga tahun. Konsentrasi kegiatan tahun pertama ditekankan pada rekayasa media pembelajaran CD interaktif mata kuliah TPMK dan pengujian feasibilitas produk, sedangkan konsentrasi kegiatan tahun kedua adalah menyempurnakan produk media CD interaktif mata kuliah TPMK dan melanjutkan rekayasa media pembelajaran CD interaktif mata kuliah TPMO. Tahun ke tiga, kegiatan penelitian difokuskan pada penyempurnaan produk melalui pengujian-pengujian alpha dan beta testing. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) yang mengacu pada pengembangan multimedia dan software. Pengembangan multimedia meliputi tahap-tahap pemilihan materi, menulis tujuan khusus perencanaan program, memilih dan mengorganisasikan isi program, membuat storyboard, menguji storyboard dengan teman sejawat dan mahasiswa, membuat revisi berbasis pada komentar dan hasil pengujian storyboard, menulis skript secara rinci berbasis pada storyboard yang sudah lengkap, menguji dan merevisi skript, menyiapkan produksi, pengaturan pengambilan gambar, dan mengedit gambar. Proses pengembangan program komputer (software) mengikuti tahap-tahap yang mendefinisikan masalah, mendesain algorithma, membuat kode program, menguji dan menemukan beberapa tipe kesalahan (debugging), mengimplementasikan program, melatih pengguna, memelihara dan meningkatkan program (up-grading). Sumber data yang dilibatkan dalam penelitian ini antara lain dosen pengampu mata kuliah, mahasiswa, tenaga ahli yang terlibat dalam pengisian substansi materi dan tenaga teknis programer software komputer. Penentuan sampel aplikasi model pada penelitian tahun kedua menggunakan teknik cluster sampling dengan cara mengambil satu kelas dari dua kelas pada jenjang dan program studi yang sama untuk masing-masing mata kuliah sebagai sampel. Satu kelas lain yang tidak dilibatkan dalam kegiatan penelitian diambil sebagai kontrol untuk menguji efektivitas penggunaan model media pembelajaran interaktif. Metode pengumpulan data pada saat identifikasi dan uji kelayakan menggunakan wawancara bebas dan diskusi terfokus di kalangan terbatas. Alat pengumpul data pada proses pengujian program menggunakan lembar observasi untuk mengevaluasi kinerja tayangan program CD interaktif. Penelitian tahun kedua dan tahun ketiga menghasilkan dua jenis data penelitian yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dan statistik uji beda. Data kualitatif dianalisis dan dilaporkan dengan menggunakan model evaluasi empat level dari Kirckpatrik yaitu reaction, learning, behavior and results. Kata kunci: kontinental, CD interaktif, media pendidikan FT, 2006 (PEND. TEK. BUSANA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 06 Sep 2012 16:22
Last Modified: 01 Oct 2012 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item