PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGGAMBAR DISAIN BUSANA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN KOMPUTER

Sugiyem, S.Pd. (2008) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGGAMBAR DISAIN BUSANA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN KOMPUTER. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Sugiyem.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa dalam menggambar disain busana dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan kompu¬ter dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Teknik Busana yang sedang menempuh mata kuliah Komputer Disain yang berjumlah 11 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar peng-amatan. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan uji antar pengamat. Pelaksanaan pe¬neliti¬an mengacu langkah-langkah model Kemmis Mac Taggart dengan siklus perencanaan, tindakan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Teknik analisis data meng¬guna¬kan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran meng¬guna¬kan metode dmonstrasi berbantuan komputer dapat me¬ningkat¬kan motivasi belajar dan kemampuan mahasiswa dalam men¬disain busana berbasis komputer pada mata kuliah Disain Komputer. Hal ini dapat dilihat berdasarkan motivasi belajar akhir siklus I menunjukan motivasi belajar mahasiswa didapat bahwa 4 orang (35%) memiliki motivasi belajar yang tinggi, 5 orang (45%) memiliki motivasi belajar yang cukup dan 2 orang (20%) memiliki motivasi belajar yang rendah. Sedangkan berdasarkan pengamatan pada akhir siklus II diperoleh data bahwa 6 orang (55%) memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 5 orang (45%) memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi. Hal ini berarti metode demonstrasi berbantuan komputer dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Di samping itu dalam penelitian ini juga meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, hal ini terlihat pada saat pretes 2 orang (18%) termasuk memiliki prestasi yang kurang baik, 6 orang (55%) memiliki prestasi yang cukup baik dan 3 orang (27%) memiliki prestasi dengan kategori baik. Hasil pengamatan pada siklus I menunjukan prestasi belajar siswa 5 orang (46%) pada kategori cukup baik dan 6 orang (54%) pada kategori baik. Dan pada pengamatan siklus Ii didapat bahwa 1 orang (9%) memiliki prestasi belajar pada kategori cukup tinggi dan 10 orang (91%) memiliki prestasi pada kategori tinggi. Kata kunci: mendisain busana, demonstrasi, komputer FT, 2008 (PEND. TEK. BUSANA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:30
Last Modified: 06 Sep 2012 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item View Item