PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN KAJIAN MODE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA MAHASISWA TEKNIK BUSANA

Sri Widarwati, M.Pd. (2007) PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN KAJIAN MODE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA MAHASISWA TEKNIK BUSANA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Sri_Widarwati.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas perkuliahan kajian mode melalui model pembelajara Team Games Tournament berbasis teknologi informasi pada mahasiswa Teknik Busana Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa program Studi Teknik Busana yang sedang menempuh mata kuliah Kajian Mode yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan. Validitas yang digunakan yaitu validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan uji antar pengamat. Pelaksanaan penelitian mengacu langkah-langkah model Kemmis dan Mac Taggart dengan siklus perencanaan, tindakan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan sebanyak 4 (empat) siklus dengan 8 kali tatap muka. Teknik analisis data menggunakan deskriptif Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran Kajian Mode dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament yang telah dilakukan selama 8 minggu dengan 4 (empat) siklus tindakan tersebut, dapat meningkatkan kualitas perkuliahan, hal ini dapat dilihat dan minat dan motivasi belajar mahasiswa terutama pada saat diskusi hasil pencarian informasi di internet dan pembuatan tugas-tugas. Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan creativitas serta menumbuhkan kemauan mahasiswa untuk berkreasi dalam membuat karya.Hal ini terbukti dengan meningkatnya rerata yang dihasilkan dan Pre test sebesar 25 berarti kurang baik menjadi 28 pada Siklus I berarti cukup baik tetapi pada batas bawah, rerata pada Siklus Il sebesar 32 yang artinya cukup baik , mendekati batas teratas pada pembagian kategori penilaian. Pada siklus III menunjukkan peningkatan rerata sebesar 40. berarti baik dan pada siklus IV besarnya rerata 45 yang dibuktikan dengan 80% dari hasil disain responden pada kategori baik Berdasarkan hasil tersebut, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan yang bersifat praktek dapat menerapkan model pembelajaran ini. Kata kunci: kualitas, kajian mode, team games tournament, teknologi informasi. FT, 2007 (PEND. TEK. BUSANA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:30
Last Modified: 06 Sep 2012 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item View Item