IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING PROGRAM ADAPTIF BAGI GURU SMK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Prapti Karomah, M.Pd. (2007) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING PROGRAM ADAPTIF BAGI GURU SMK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Prapti_Karomah.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kesiapan implementasi pembelajaran e-learning bagi guru-guru program adaptif di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Kesiapan implementasi pembelajaran e-learning akan ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek kesiapan sarana dan prasarana fisik, kesiapan sumber daya manusia dan kesiapan sumber belajar. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode survey langsung ke SMK bertaraf internasional di Yogykarta untuk mengetahui kesiapan SMK dalam mengimplementasikan pembelajaran e-learning bagi guru program adaptif. Dari data hasil percobaan akan dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan kesiapan SMK bertaraf internasional dalam mengimplementasikan pembelajaran e-learning. Metode yang dilakukan adalah dengan cara survey lapangan, interview langsung ke guru dan siswa, penyebaran kuisioner serta analisis situasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata SMK bertaraf internasional di Daerah Istimewa Yogyakarta secara sarana fisik sudah memenuhi persyaratan untuk mengimplementasikan pembelajaran e-learning. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan laboratorium dan jumlah komputer yang terhubung jaringan dan spesifikasi yang ada. Berdasarkan hasil pengamatan dan data kuisioner berdasarkan aspek kesiapan sumber daya manusia dan sumber belajar SMK bertaraf internasional di Yogyakarta masih memerlukan peningkatan kualitas. Kata kunci: e-learning, guru smk, kesiapan sarana, kesiapan sdm dan sumber belajar FT, 2007 (PEND. TEK. BUSANA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:30
Last Modified: 06 Sep 2012 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item