PENGEMBANGAN MODEL APPRENTICESHIP MELALUI KEGIATAN PRAKTEK INDUSTRI BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA DALAM UPAYA MENYIAPKAN GURU SEKOLAH KEJURUAN YANG PROFESIONAL.

Kokom Komariah, M.Pd. (2007) PENGEMBANGAN MODEL APPRENTICESHIP MELALUI KEGIATAN PRAKTEK INDUSTRI BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA DALAM UPAYA MENYIAPKAN GURU SEKOLAH KEJURUAN YANG PROFESIONAL. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Kokom_Komariah.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum adalah menemukan model pembelajaran untuk menyiapkan guru kejuruan bidang boga secara efisien, relevan dan berkualitas. Secara khusus penelitian tahun pertama difokuskan pada: 1) Identifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi calon guru sebagai guru pemula sekolah kejuruan. 2) Identifikasi kompetensi yang dibutuhkan di industri Boga. 3) Membuat desain model apprenticeship yang sesuai dengan kebutuhan penyiapan guru sekolah kejuruan. 4) Membuat panduan pelaksanaan model apprenticeship dan perangkatnya. 5) Validasi perangkat model dan 6) Uji coba penerapan model apprenticeship secara terbatas. Prosedur penelitian ini menggunakan Research and Development dengan tahap-tahap penelitian 1) Mengidentifikasi permasalahan dalam menyiapkan guru kejuruan yang profesional, 2) Mengidentifikasi kompetensi yang dibutuhkan di industri Boga 3) Work shop perancangan model, 4) Pembuatan perangkat model, 4) Validasi model, dan 5 ) uji coba terbatas. Metode pengumpulan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, Focus Group Discusion, indepth interview, dokumentasi dan angket. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalis dengan statistik. Hasil penelitian menunjukkan untuk menyiapkan guru sekolah kejuruan yang profesional perlu ditingkatkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan melalui pengalaman industri secara langsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab masalah tersebut adalah model pembelajaran apprenticeship, karena memadukan antara teori dengan tuntutan keterampilan di dunia kerja. Rancangan model ini terdiri dari kelompok input, proses, dan output. Pada kelompok input terdiri dari: demand, minat, kesediaan sumber belajar, dan pembimbing industri. Pada Kelompok Proses pemetaan tempat industri berdasarkan minat, pembuatan proposal kegiatan, persetujuan pembimbing, kegiatan pembelajaran di kampus, kegiatan pembelajaran di industri, monitoring dan evaluasi. Pada Output diharapkan tercapainya kompetensi profesional mahasiswa yang berdampak pada outcome menjadikan guru mempunyai kompetensi profesional membantu peserta didik untuk memasuki dunia kerja. Rancangan tindak lanjut kegiatan ini pemantapan model melalui pembuatan perangkat untuk pelaksanaan pembelajaran di kampus, pemetaan dan perluasan jaringan industri, Implementasi model, monitoring, evaluasi, dan deseminasi hasil penelitian. Kata kunci: model pembelajaran apprenticeship FT, 2007 (PEND. TEK. BUSANA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 05 Sep 2012 16:29
Last Modified: 05 Sep 2012 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item View Item