LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

AGIL SABAR KURNIASIH, AGIL SABAR KURNIASIH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu teoretis yang sudah diperoleh dari bangku perkuliahan. Pelaksaan kegiatan PPL ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori selama perkuliahan tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual secara nyata di lapangan. Kegiatan PPL dilaksanakan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan di dalam lingkungan sekolah. Hasil dari pembelajaran tersebut digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, kreatifitas, dan ketrampilan secara profesional. Kegiatan PPL dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pembelajaran secara langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Yogyakarta. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016.Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar terbimbing di dalam kelas dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi kegiatan pengajaran terbimbing dengan guru pembimbing sebanyak 4 kali pertemuan dengan RPP yang berbeda. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk 4 kelas yaitu dari kelas VII D dan kelas VIII E untuk mengajar, kelas VIII B dan kelas VIII C tem teaching. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, ceramah, kartu, dan penugasan. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:48
Last Modified: 08 Jun 2017 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49566

Actions (login required)

View Item View Item