LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

ANDRI PALEKA, ANDRI PALEKA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat dan minat mahasiswa program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dalam kaitannya dengan kompetensinya sebagai calon pendidik serta merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 5 telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL terdiri dari 26 mahasiswa dari berbagai jurusan. Program yang dijalankan merupakan program pengajaran mata pelajaran bahasa Jerman untuk siswa-siswi SMA Negeri 5 Yogyakarta, sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh penyusun. Pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 5 Yogyakarta ini, penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar di enam kelas, yaitu XI IPA 1 – 6. Namun, penyusun tidak hanya melaksanakan praktik mengajar di kelas saja, penyusun juga belajar melaksanakan piket guru, piket BK dan juga piket perpustakaan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Pengalaman Lapangan. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dikelas, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:26
Last Modified: 02 Jun 2017 04:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49386

Actions (login required)

View Item View Item