LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

AIDA RAHMA SAVITRI, AIDA RAHMA SAVITRI (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA Negeri 5 Yogyakarta, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasi, pembelajaran di kelas maupun kondisi fisik sekolah. Kegiatan PPL ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel dinamis, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran mulai dalam pembuatan PROTA, PROSEM, Analisis KI, KD dan SILABUS serta RPP, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi pembelajaran. PPL sebagai muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, mahasiswa calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku kuliah, sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing dan koordinator PPL di Sekolah. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 5 Yogyakarta, penyusun mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas XII IPS1, 2, dan 3. Materi untuk kelas XII yaitu materi pemetaan dasar, penentuan lokasi industri, pengertian penginderaan jauh, komponen penginderaan jauh, unsur-unsur interpretasi citra, dan manfaat penginderaan jauh, sistem informasi geografis serta praktikum penggunaan kompas ada materi penginderaan jauh. Dari semua materi kelas XII tersampaikan dengan lancar.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 02 Jun 2017 01:55
Last Modified: 02 Jun 2017 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49381

Actions (login required)

View Item View Item