LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 PLERET

Anisa Nurul Kasanah, Anisa Nurul Kasanah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 PLERET. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
11_ANISA NURUL KASANAH_PKNH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka melaksanakan pengabdian masyarakat yang wajib dilaksanakan mahasiswa Strata Satu (S1). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dimaksudkan untuk memberikan pengalaman serta kesempatan kepada mahasiswa dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari di Universitas Negeri Yogyakarta ke dalam kehidupan nyata di masyarakat (sekolah), dalam hal ini sasarannya adalah lembaga pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan pada semester khusus tahun ajaran 2016/2017 untuk program studi kependidikan. Adapun tempat yang digunakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Dalam kesempatan ini penyusun melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 1 Pleret yang beralamat di Kadaton, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 Sepetember 2016, dimana sejak bulan Februari mahasiswa telah melakukan survey dan observasi lapangan ke sekolah. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan adalah observasi kelas/ sekolah tempat PPL, berbagai persiapan untuk menunjang praktik mengajar seperti membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), konsultasi persiapan mengajar dengan guru pembimbing, pelaksanaan praktik mengajar, dan konsultasi pelaksanaan serta evaluasi mengajar dengan huru pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan. Secara umum pelaksanaan program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terlaksana dengan baik dan lancar. Keberhasilan dari programprogram yang telah terlaksana merupakan keberhasilan semua pihak. Di sisi lain ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan yaitu banyaknya hari libur dan padatnya kegiatan di bulan Agustus 2015 membuat proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, Program Praktik Pengalaman Lapangan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 05 May 2017 06:14
Last Modified: 05 May 2017 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49061

Actions (login required)

View Item View Item