Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Praktek Busana

Budiastuti, Emy (2010) Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Praktek Busana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Boga dan Busana, V (1). pp. 12-21. ISSN 1907-8366

[img]
Preview
Text
Emy_Budiastuti.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran praktek busana di sekolah sudah saatnya membangun kompetensi, baik kompetensi keahlian maupun kompetensi karakter. Banyak siswa unggul dalam kompetensi keahlian busana namun lemah dalam kompetensi karakternya. Pendidikan karakter di sekolah diterapkan pada proses pembelajaran berlangsung, dan tidak tercermin pada mata pelajaran khusus. Pendidikan karakter bisa diintegrasikan melalui pembelajaran yang menyenangkan, siswa tidak merasa tertekan, nyaman dalam mengikuti pelajaran sehingga diharapkan menghasilkan pengetahuan, keterampilan ,dan sikap yang baik. Pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, akan dihasilkan siswa yang cerdas, baik cerdas intelektualnya maupun emosinya. Keseimbangan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi, menjadi modal penting dalam mempersiapkan anak menghadapi masa depan. Melalui pendidikan karakter yang positif diharapkan menghasilkan siswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beriman, berprestasi, disiplin, tanggung jawab, sopan, berakhlak mulia, kreatif, mandiri, dan percaya diri. Kata kunci: penerapan, pendidikan karakter, pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: pend t boga dan busana ft
Date Deposited: 04 Sep 2012 16:26
Last Modified: 04 Sep 2012 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item