PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA KERING MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI

Arlina Dwi, Putranti (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA KERING MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
INCREASING_LEARNING_OUTCOMES_ON_IMAGE_MATERIAL_RESOLUTION_COURSE_THROUGH_THE_USE_OF_MULTIMEDIA_IN_SMK_NEGERI_1_WONOSARI.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran penggunaan multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari 2) peningkatan hasil belajar materi penyelesaian gambar secara kering melalui penggunaan multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wonosari dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu..Kelas yang terpilih adalah XI Busana Butik 1 yang berjumlah 25 siswa dengan nilai rata-rata kelas paling rendah dibanding kelas yang lain. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian sikap,lembar penilaian unjuk kerja dan tes uraian. Uji validitas berdasarkan judgment expert dengan ahli materi,ahli media,ahli evaluasi dan guru mata pelajaran menggambar busana.Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dipakai sudah layak untuk digunakan dan instrumen penilaian yang terdiri dari lembar penilaian sikap,lembar unjuk kerja dan tes uraian dinyatakan sudah valid.Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0.738 untuk lembar penilaian sikap,0.933 untuk penilaian unjuk kerja dan 0.712 untuk tes uraian.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan dilakukan oleh guru berkolaborasi dengan peneliti,kegiatan yang dilakukan:merencanakan tindakan berupa penggunaan multimedia yang sesuai dengan materi penyelesaian gambar secara kering,menyusun RPP,menyiapkan instrumen penilaian yang terdiri dari lembar penilaian sikap,lembar unjuk kerja,dan tes uraian.Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran melalui penggunaan media digital dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, sedangkan tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan sajian multimedia pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran materi penyelesaian gambar pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan multimedia siswa dapat memahami materi penyelesaian gambar secara kering serta adanya peningkatan hasil belajar sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 73, pencapaian hasil belajar sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 52% atau 13 siswa yang memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama pencapaian hasil belajar siswa meningkat menjadi 92% atau 23 siswa sudah memenuhi KKM, dan pada siklus kedua pencapaian hasil belajar siswa 100% atau 25 siswa seluruhnya sudah memenuhi KKM. Uraian diatas menunjukan bahwa penggunaan multimedia dapat diterapkan pada mata diklat menggambar busana dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:44
Last Modified: 03 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4878

Actions (login required)

View Item View Item