HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PENUNJANG DENGAN KOMPETENSI MEMBUAT BUSANA WANITA I SISWA SMKN 1 PENGASIH KULONPROGO

Aprilia Cahya, Wijayanti (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PENUNJANG DENGAN KOMPETENSI MEMBUAT BUSANA WANITA I SISWA SMKN 1 PENGASIH KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
THE_RELATIONSHIP_BETWEEN_MOTIVATION_TO_LEARN_AND_MASTERY_OF_SUBJECTS_SUPPORT_WITH_THE_COMPETENCES_OF_SUPPORTING_WOMEN'S_CLOTHING_I_CREATED_BY_THE_STUDENTS_OF_SMK_N_I_PENGASIH.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara motivasi belajar dan penguasaan mata pelajaran penunjang dengan kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, dan (3) hubungan antara penguasaan mata pelajaran penunjang dengan kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN 1 Pengasih Kulonprogo. Penelitian ini menggunakan desain ex post facto dengan populasi seluruh siswa kelas XI jurusan busana butik SMKN 1 Pengasih Kulonprogo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data yaitu kuesioner (angket) untuk instrumen motivasi belajar, dokumentasi nilai rapor untuk penguasaan mata pelajaran penunjang, dan penilaian akhir tes praktek untuk instrumen kompetensi membuat busana wanita I. Pengujian kelayakan instrumen motivasi belajar menggunakan uji validitas konstruk yakni melalui uji SPSS untuk data berjenjang dan penelaahan terhadap isi kepada judgement expert. Reliabilitas angket motivasi belajar diuji menggunakan Alpha Cronbach, dengan r hitung sebesar 0,927. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dan dilanjutkan dengan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada hubungan antara motivasi belajar dan penguasaan mata pelajaran penunjang dengan kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, yaitu dengan nilai F reg sebesar 8,086 , (2) ada hubungan antara motivasi belajar dengan kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, yaitu dengan nilai r hitung sebesar 0,482 dan (3) ada hubungan antara penguasaan mata pelajaran penunjang dengan kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, yaitu dengan nilai r hitung sebesar 0,509. Sementara itu, nilai (R²) sebesar 0,314 menunjukkan bahwa variasi kompetensi membuat busana wanita I sebesar 31,4 % dijelaskan oleh motivasi belajar dan penguasaan mata pelajaran penunjang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan penguasaan mata pelajaran penunjang signifikan untuk memprediksi tingkat kompetensi membuat busana wanita I siswa SMKN I Pengasih Kulonprogo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: User Eprints Bersama
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:44
Last Modified: 03 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item View Item