PERSEPSI SISWA TERHADAP CARA BERBUSANA GURU SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Albert Ferdy, Sibarani (2011) PERSEPSI SISWA TERHADAP CARA BERBUSANA GURU SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
STUDENTS_PERCEPTION_OF_THE_DRESSING_MANNER_OF_TEACHERS_IN_SMK_KARYA_-_RINI__YOGYAKARTA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru program keahlian Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta secara keseluruhan , 2) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru SMK Karya Rini Yogyakarta ditinjau dari aspek bentuk tubuh,3) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru SMK Karya Rini ditinjau dari aspek usia,4) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru SMK Karya Rini ditinjau dari aspek warna kulit,5) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru SMK Karya Rini ditinjau dari aspek waktu/kesempatan,6) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru SMK Karya Rini ditinjau dari aspek make up/rias wajah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberi peluang yang sama bagi setiap populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Pada penelitian ini teknik sampel yang digunakan secara acak dan diperoleh sampel sebanyak 72 siswa berdasarkan tabel Isaac. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan validasi konstrak dengan rumus product moment dan reliabilitas instrumen penelitian dengan menggunakan rumus koefisien alpha dibantu dengan program SPSS 15 dan dengan taraf signifikan 5 %. Hasil uji coba instrumen dari 23 butir item terhadap 18 orang siswa diperoleh 20 butir valid dan 3 gugur, sedangkan harga reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,925 berarti instrumen yang digunakan dalam penelitian sudah reliabel/andal. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) persepsi siswa terhadap cara berbusana guru program keahlian Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta, 72 responden (100,00%) menyatakan sangat setuju bahwa guru dapat menerapkan aspek-aspek cara berbusana dengan sangat baik pada kesempatan mengajar di sekolah. 2) Aspek Bentuk Tubuh ; 57 responden (79,17 %) menyatakan sangat setuju bahwa guru dapat memilih desain busana dengan bentuk tubuhnya. 3) Aspek Usia ; 61 responden (84,72 %) menyatakan sangat setuju bahwa guru dapat memilih desainbusana, warna/bahan busana, dan make up/rias wajah dengan usianya. 4) Aspek Warna Kulit; 59 responden (81,94 %) menyatakan sangat setuju bahwa guru dapat memilih warna/bahan busana dan make up/rias wajah dengan warna kulitnya. 5) Aspek Waktu/Kesempatan ; 54 responden (75,00%) menyatakan sangat setuju bahwa guru dapat memilih desain busana, bahan busana, warna busana, serta make up/rias wajah guru pada kesempatan mengajar di sekolah . 6) Aspek Make up/ Rias Wajah ; 54 responden (75,00 %) menyatakan sangat setuju bahwa guru dapat memilih warna busana, warna kulit, dan usia sesuai dengan make up/rias wajah yang dipakai guru pada kesempatan mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:44
Last Modified: 03 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4855

Actions (login required)

View Item View Item