TIPE PERNYATAAN KRITIS TERHADAP KARYA SENI RUPA SEBAGAI SALAH SATU INDIKATOR KEMAMPUAN APRESIATIF SUBYEK DIDIK

Bambang, Damarsasi TIPE PERNYATAAN KRITIS TERHADAP KARYA SENI RUPA SEBAGAI SALAH SATU INDIKATOR KEMAMPUAN APRESIATIF SUBYEK DIDIK. Olkrawala Pendidikan, 3.

[img]
Preview
Text
tipe_pernyataan_kritis_terhadap_karya_seni_rupa_1_0.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pernyataan kritis atau komentar yang diberikan terhadap suatu karya seni rupa oleh seseorang tidak mustahil sangat ber- beda dengan orang yang lain.J>erbedaan-perbedaan komentar ini menunjukkan adanya macam-macam tipe "kedalaman" peng- hayatan seni. Tipe-tipe pernyataan itu dapat dimanfaatkan dalam pendidikan seni rupa sebagai salah satu sumber data dalam usaha mendapatkan gambaran yang lebih lengkap menge- nai tingkat kemampuan apresiasi seni rupa subyek didik sebagai hasil belajar mereka. Evaluasi hasil belajar dalam pendidikan seni rupa selama ini dirasa masih mengandung hal-hal yang pelik, khususnya antara lain dalam hal pengukuran kemampuan apresi- asi. Tulisan ini disajikan dengan sifat imajinatif; dengan demi- kian untuk keperluan evaluasi yang operasional perlu ditunjang penelitian kancah dan analisis yang seksama, khususnya dalam kondisi pendidikan seni rupa di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Journal Perpustakaan UNY
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:44
Last Modified: 03 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item View Item