LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL)

ARDITYA WISNU HAMBARA, ARDITYA WISNU HAMBARA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL). Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak minimal 4 sampai 6 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Praktik mengajar terbimbing ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitukelas VIII A dan VIII B dengan menggunakan kurikulum KTSP. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 6 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Banyak hal yang di didapat saat mengajar pada pertemuan pertama, salah satunya adalah merasa grogi saat memimpin pembelajaran, karena pertama kali terjun ke lapangan dan bertemu dengan siswa siswi langsung, serta merasa benar-benar menjadi guru yang sesungguhnya. Selama mengajar, banyak karakter siswa siswi yang membuat praktikan harus bersabar untuk mengatur siswanya. Ada siswa yang susah untuk diatur, namun ada juga siswa yang mudah memahami materi yang di berikan. Banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran bagi praktikan dan banyak pula hal yang harus di koreksi, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan guru pembimbing. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan banyak pengalaman nyata dan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:55
Last Modified: 28 Feb 2017 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47576

Actions (login required)

View Item View Item