Akuisisi Kompetensi Siswa Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Melalui Praktik Kerja Industri (Studi Kasus Pada SMK N 2 Pengasih dan Industri Pasangan

Fatkhurrokhman, Mohammad (2015) Akuisisi Kompetensi Siswa Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Melalui Praktik Kerja Industri (Studi Kasus Pada SMK N 2 Pengasih dan Industri Pasangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mohammad-fatkhurrokhman-13702251028.swf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran Lengkap.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses belajar siswa untuk mendapatkan kompetensi melalui kegiatan praktik kerja industri; (2) bentuk bimbingan terhadap siswa selama kegiatan kegiatan praktik kerja industri; dan (3) hasil yang didapat siswa setelah mengikuti program kegiatan praktik kerja industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Setting penelitian ini adalah di CV. Omega Electric, PT. Sanken, dan PT. Madu Baru sebagai industri pasangan SMK N 2 Pengasih. Informan kunci pada penelitian ini adalah pembimbing industri, pembimbing siswa dari sekolah, dan siswa peserta Prakerind. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, data condensation, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) proses yang dilalui siswa dalam memperoleh kompetensi dapat dilihat dari tiga aspek yaitu aspek pengetahuan (mengamati, diskusi, dan mencoba), aspek keterampilan (siswa mengamati sambil dijelaskan oleh pembimbing/ mekanik, pembimbing/mekanik memberikan contoh, siswa mengecek dan mendiagnosis permasalahan, siswa mulai mengerjakan dalam pantauan pembimbing, siswa bertanya jika ada masalah, dan pembimbing bersama siswa mengecek hasil pekerjaan) dan aspek sikap (tuntutan, adopsi, dan terbiasa); (2) bentuk bimbingan yang diterapkan pembimbing industri yaitu: Pembatasan jumlah dan penilaian awal siswa Prakerind, memberikan job yang berbeda, melakukan pertukaran posisi, memberikan siswa tanggung jawab terhadap setiap pekerjaan, memberikan kesempatan praktik langsung kepada siswa, memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar, serta mengadakan evaluasi; dan (3) kompetensi yang didapatkan siswa dapat dilihat dari 3 aspek yaitu aspek pengetahuan (pengetahuan tentang dunia kerja, pengetahuan bersosialisasi dengan rekan kerja, pengetahuan melayani pelanggan, pengetahuan bekerja dalam tim, dan pengetahuan dibidang keahlian ketenagalistrikan), aspek keterampilan (keterampilan bersosialisasi dengan rekan kerja, keterampilan melayani pelanggan, keterampilan bekerja dalam tim, dan keterampilan dibidang keahlian ketenagalistrikan), dan aspek sikap (menjadi lebih disiplin, karena ditempat kerja terdapat peraturan, terbiasa bekerja keras dengan jam kerja yang dibatasi, memiliki tanggung jawab terhadap sebuah pekerjaan, memiliki minat bekerja, dan memiliki minat berwirausaha).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: akuisisi, kompetensi, hasil belajar, praktik kerja industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2017 01:53
Last Modified: 09 May 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46907

Actions (login required)

View Item View Item