Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Pengamalan Nilai Moral Siswa SMPI dan SMP VI di Mataram

Rosada, Rosada (2010) Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Pengamalan Nilai Moral Siswa SMPI dan SMP VI di Mataram. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
IntegrasiPendidikanKarakterdalamPembelajaranIPSuntukPengamalanNilaiMoralSiswaSMPIdanSMPVIdiMataram.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Rosada,Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Pengamalan Nilai Moral Siswa SMPI dan SMP VI di Mataram. Tesis.Yogyakarta :Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pembentukan karakter siswa, bagaimana mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, dan melihat faktor pendukung danpnghambat dalam proses pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan beberapa prosedur. Adapun tempat penelitian di SMP I dan SMP VI dikota Mataram.Waktu penelitian pada bulan Maret sampai bulan Mei 2009. Fokus penelitian dalam hal ini berkaitan langsung dengan upaya guru IPS untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Sedangkan objek penelitiannya adalahguru pelajaran IPS, Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling,dan Siswa Kelas VII dan VIII. Pengumpulan data yang dimanfaatkan antaralain : observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsah anda tadi lakukan dengan tri angulasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis inter aktif terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah guru mengupayakan pembentukan karakter siswa,dengan melakukan berbagai macam program antara lain diadakan oleh kepala sekolah kepada guru,oleh guru kepada siswa.Program yang diadakan untuk siswa dilakukan dalam kelas dan luar kelas. Didalam kelas dengan cara: pertama mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelaajran IPS, kedua mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Ketiga guru menggunakan metode metode yang dapat memotivasi belajar siswa. Dalam proses pembelajaran mengajarguru memanfaatkan metode, adapun metode yang digunakan adalah ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, rool playing,CTL dan lain sebagainya. Metode yang berpengaruh dalam pembelajaran tersebut adalah ceramah dan diskusi, karena dengan metode yang bervariasi siswa termotivasi. Diluar kelas dilakukan dengan berbagai macam program antara lain kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Program intrakurikuler seperti: upacara bendera, kegiatan Iman dan taqwa, sholat berjama’ah. Kegiatan ekstrakurikuler antaralain melalui organisasi siswa intra sekolah, penyaluran bakat dan hobi.Dalam menjalankan proses tersebut tentunya terdapat faktor penghambat dan pendukung. Adapunf aktor pendukung antara lain adalah SDM berkualitas, sarana prasarana lengkap, peranaktif kepala sekolah dan guru lainnya dalam kegiatan kegiatan yang dilakukan, sedangkan faktor penghambat adalah latar belakang siswa berasal dari lingkungan yang berbeda beda sehingga sulit membentuk karakter siswa, seperti: kurangnya pengetahuan moral siswa,penanaman optimal, kurangnya teladan guru,perawatan sarana prasarana kurang maksimal, dan kurangnya perhatian orang tua murid.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 30 Aug 2012 13:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item