LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 4 NGAGLIK

Gesya Dwi Augia, Gesya Dwi Augia (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 4 NGAGLIK. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
13206241010 - GESYA DWI AUGIA - PEND. SENI RUPA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan bertujuan untuk memberikan pembelajaran langsung kepada mahasiswa bagaimana tentang kegiatan nyata di lingkup kerja atau sekolah sebagai wadah atau sarana tempat melaksanakan praktik mengajar. Kegiatan PPL yang dilakukan di SMP Negeri 4 Ngaglik tahun 2016. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. PPL Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 4 Ngaglik. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari Program Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan IPS, Pendidikan IPA, PJKR, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Program utama individu adalah program yang penulis rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah. Program utama individu adalah membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah membuat media pembelajaran. Secara umum program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama ix melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PPL. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas VIII A, B, C dan D. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 4 Ngaglik, Pembelajaran
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 06 Feb 2017 06:39
Last Modified: 06 Feb 2017 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46873

Actions (login required)

View Item View Item