PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SD

I NYOMAN , MARDIKA (2010) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SD. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar; (2) mengungkapkan kualitas multimedia pembelajaran ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman; (3) mengetahui aspek daya tarik multimedia pembelajaran yang dikembangkan; (4) mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Validator penelitian ini adalah satu orang ahli bidang studi bahasa Inggris dan satu orang ahli multimedia pembelajaran. Subjek coba penelitian terdiri dari tiga siswa untuk uji coba satu-satu dan dua puluh siswa untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, dan soal pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar melalui enam langkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi, dan mengujicoba; (2) kualitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman adalah baik. Dengan menggunakan rentang skor 1 sampai 5, aspek isi menunjukkan skor rata-rata 3,75, aspek pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,71, aspek tampilan menunjukkan skor rata-rata 3,87, dan pemrograman menunjukkan skor rata-rata 3,75; (3) aspek daya tarik menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat menarik: pada uji coba satu-satu, dari tiga siswa yang diobservasi, dua siswa menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, satu siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; pada uji coba kelompok besar, dari dua puluh siswa, dua belas siswa menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, delapan siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; dan (4) penggunaan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris berdampak baik terhadap ketuntasan belajar siswa: pada uji coba kelompok besar, dari 20 siswa, terdapat 19 siswa (95%) yang tuntas belajar dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:31
Last Modified: 29 Aug 2012 16:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item