PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM KEGIATAN BERKESENIAN (STUDI KASUS DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

, Rumiwiharsih (2011) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM KEGIATAN BERKESENIAN (STUDI KASUS DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA). UNY.

[img]
Preview
Text
Rumiwiharsih.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi perempuan dalam kegiatan berkesenian, dan untuk mengetahui motivasi di balik partisipasi perempuan dalam kegiatan berkesenian. Populasi penelitian ini adalah perempuan/dosen perempuan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Pemilihan cuplikan dilakukan dengan acak proporsional, sebanyak 50 orang berasal dari semua Jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni. Tingkat partisipasi dan motivasi diambil dari angket serta observasi. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa keandalannya cukup baik, yaitu 0,71. Cuplikan yang masuk sebanyak 49 orang dari 50 orang yang direncanakan. Temuan yang diperoleh adalah: (1) partisipasi perempuan dalam berkesenian adalah tinggi, yaitu 48,63%, terendah adalah 37% dan tertinggi adalah 63%, (2) motivasi perempuan berpartisipasi dalam kegiatan berkesenian adalah: untuk mengisi waktu luang sebanyak 91,83%, untuk mencari kepuasan diri sebanyak 83,67%, untuk aktualisasi diri sebanyak 75,51%, untuk menambah penghasilan sebanyak 34,69%. FBS, 2007 (PEND. SENI TARI)

Item Type: Other
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:32
Last Modified: 21 Jun 2012 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item