Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar

ANT. RETNO, SRININGSIH (2010) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
pengembangan_media_pembelajaran.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

ANT. RETNO SRININGSIH: Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Yogyakarta : Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan – tahapan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran Bahasa Indonesia Aspek Berbicara. Multimedia yang dikembangkan memiliki karakteristik: (1) interaktif; (2) mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, suara, dan video; dan (3) tersedia lembar kerja bagi peserta didik, sehingga dapat memudahkan peserta didik memahami materi Pelajaran Bahasa Indonesia Aspek Berbicara, dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain, produksi, evaluasi, dan revisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada peserta didik melalui tiga tahap, yaitu uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas V SD . Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara, tes, dan observasi. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, skor tes, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil validasi ahli materi menunjukkan kualitas media sangat baik, dengan skor 4,52. Sedangkan ahli media menilai kualitas multimedia sangat baik, dengan skor 4,50. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penilaian peserta didik mengenai kualitas multimedia yang dikembangkan ini adalah sangat baik. Aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,51 (sangat baik), aspek isi 4,51 (sangat baik) dan aspek media 4,51 (sangat baik). Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,53 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Dari tes yang dilaksanakan diperoleh rerata skor pre-test sebesar 70,70 dan rerata skor pos-test sebesar 78,75, jadi ada kenaikan rerata skor sebesar 8,75 atau sebesar 12,98%. Hasil uji t menunjukkan bahwa kenaikan rerata skor signifikan, dengan nilai p sebesar 0,000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk multimedia yang dikembangkan untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indoesia Aspek Berbicara adalah efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 29 Aug 2012 16:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item