LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

AHMAD LUTHFI, AHMAD LUTHFI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang merupakan salah satu butir Tri Darma Perguruan Tinggi bersifat intrakurikuler dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kependidikan. Kegiatan ini mecakup kegiatan praktik mengajar dan kegiatan persekolahan yang lain dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL ini merupakan rangkaian kegiatan KKNPPL, yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, tersebar dibeberapa kabupaten antara lain Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Klaten, Purworejo, serta Kota Yogyakarta, berlokasi baik pada tingkat SMP dan yang sederajat maupun SMA, SMK dan yang sederajat. Salah satu dari lembaga pendidikan tersebut adalah SMK PI Ambarrukmo Yogyakarta yang beralamatkan di jalan Cendrawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok Sleman Yogyakarta Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: persiapan mengajar, observasi kelas, praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media, juga pandampingan guru (asistensi). Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakn di kelas X AP I, X AP II, XI AP I dan XI AP II, pada mata pelajaran Bahasa Perancis. Kegiatan PPL ini telah memberikan begitu banyak manfaat, yaitu pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan permasalahan yang terdapat di dalamnya. Mahasiswa juga semakin mengenal lingkungan sekolah dan berbagai macam proses kegiatan yang terjadi. Sekolah juga merupakan tempat melatih kemampuan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik, berinteraksi dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 29 Dec 2016 23:57
Last Modified: 29 Dec 2016 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45295

Actions (login required)

View Item View Item