Pengaruh Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bercerita Bahasa Indonesia di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Kabupaten Jombang

Ali, Mahsun (2010) Pengaruh Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bercerita Bahasa Indonesia di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Kabupaten Jombang. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAGIAN_AWAL.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Ali Mahsun: Pengaruh Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bercerita Bahasa Indonesia di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Kabupaten Jombang. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan media audiovisual VCD cerita dan penerapan media konvensional terhadap pembelajaran bercerita, (2) mengetahui perbedaan kemampuan bercerita siswa laki-laki dan perempuan, dan (3) mengetahui interaksi jenis kelamin terhadap pembelajaran bercerita menggunakan media audiovisual VCD cerita. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest Postest Control Group Design. Dalam proses eksperimen ini dilakukan pengamatan pada dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen yang diberi treatment/perlakuan dengan media VCD cerita, dan kelompok kontrol dengan media konvensional teks cerita. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas V MI Perguruan Mu’allimat Cukir Kabupaten Jombang yang berjumlah 2 kelas. Kelas VA menjadi kelas eksperimen dan kelas VB menjadi kelas kontrol. Dalam penelitian ini tidak ada pengambilan sampel dari populasi karena semua populasi dijadikan sebagai subjek penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Anava dua jalur, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes bercerita. Hasil analisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur menunjukkan bahwa (1) media audiovisual VCD cerita lebih berpengaruh dibandingkan dengan media konvensional dalam pembelajaran bercerita. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya Fhitung untuk perbandingan nilai pretes dan postes pada kelompok eksperimen sebesar 25,062 dengan taraf signifikansi 0,000, dan untuk kelompok kontrol diperoleh Fhitung 2,832 dengan taraf signifikansi 0,098. (2) terdapat perbedaan kemampuan bercerita siswa laki-laki dan perempuan pada kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk kelompok eksperimen diperoleh Fhitung sebesar 35,91 dan untuk kelompok kontrol diperoleh Fhitung 48,27 dengan taraf signifikansi masing-masing 0,000. (3) terdapat interaksi variabel jenis kelamin dengan media yang digunakan. Hal ini terlihat dari Fhitung sebesar 8,78 dengan taraf signifikansi 0,004

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 29 Aug 2012 16:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item