Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa

Alfi, Laila (2010) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Evaluasi_Pelaksanaan_Penilaian_Portofolio_dalam_Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_di_Madrasah_Ibtidaiyah_Muhammadiyah_I_Pare_Kabupaten_Kediri.docx

Download (14kB)

Abstract

Alfi Laila: Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pare Kabupaten Kediri. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Unversitas Negeri Yogyakarta. 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan penilaian portofolio, (2) pelaksanaan penilaian portofolio, dan (3) penilaian potofolio peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia MI Muhammadiayah I Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi bebas tujuan dari Michael Scriven. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data kuesioner dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan program spss 16,0 for windows; wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan; data dokumentasi dianalisis dan sebagai triangulasi data wawancara. Uji validitas instrumen kuesioner dilakukan dengan teknik validitas isi dengan mengkonsultasikan dengan validator yang ditentukan oleh pembimbing, reliabilitas intrumen ditentukan dengan menghitung koefisien alpha Cronbach. Subjek penelitian adalah 15 guru bahasa Indonesia dan 250 peserta didik kelas atas (empat, lima, dan enam) Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pare Kabupaten Kediri. Hasil penelitian dapat dirinci menjadi tiga. Pertama perencanaan penilaian dalam kategori baik. Dalam hal pelibatan peserta didik belum terlaksana dengan baik. Kedua, kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian portofolio dalam sudah memadai dan masuk dalam kategori baik. Dalam hal penentuan jadwal konsultasi tidak ada, semua guru belum meminta peserta didik untuk merefleksikan hasil kerjanya, baik secara lisan maupun tulisan. Ketiga, pelaksanaan penilaian dalam kategori baik, penentuan tugas portofolio, menyusun, dialog dilakukan oleh sebagian guru. Penyimpanan portofolio sudah baik sekali, Penilaian sepenuhnya dilakukan oleh guru, peserta didik tidak diberi kesempatan untuk menilai karya sendiri.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 29 Aug 2012 16:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item