LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA

ATIKA HANI LISTYATI, ATIKA HANI LISTYATI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA. Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu sarana untuk memperoleh pengalaman belajar dan bekal bagi mahasiswa untuk menjadi calon pendidik maupun tenaga kependidikan yang mampu mengembangkan ide kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan jurusan yang lulusannya diharapkan memiliki kompetensi mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program khususnya pendidikan nonformal. Hal tersebut sangat relevan dengan tugas dan fungsi dari lembaga BBPPKS, khususnya pada bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial seperti program setting lembaga dan setting masyarakat dan juga program pada bidang penyelenggaraaan diklat. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial, maka mahasiswa melakukan beberapa kegiatan yakni, Family Development Session (FDS), Perlindungan Anak melalui Nonton Film Bareng, Bimbingan Teknis Karang Taruna dimana mahasiswa melakukan Training Need Assesment (TNA), mendesain dan mengelola kegiatan, serta menjadi fasilitator. Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat, mahasiswa dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Dengan demikian dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS, mahasiswa dapat mengetahui lebih mendalam mengenai ketrampilan nyata Pendidikan Luar Sekolah, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman dan bekal untuk menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang menginspirasi. Mahasiswa semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Dec 2016 06:05
Last Modified: 27 Dec 2016 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45167

Actions (login required)

View Item View Item