Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Tembang Melalui Pendekatan Cooperative Learning dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta

, Kusnadi (2011) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Tembang Melalui Pendekatan Cooperative Learning dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta. UNY.

[img]
Preview
Text
2008-Upaya_Peningkatan_Motivasi_Belajar_Tembang_Melalui_Pendekatan_Cooperative_Learning_dengan_Model_Student_Teams_Achievement_Division.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar tembang mahasiswa dengan pendekatan Cooperative Learning model Student Teams Achievement Division (STAD), dan (2) meningkatkan hasil belajar tembang mahasiswa dengan pendekatan Cooperative Learning model Student Teams Achievement Division (STAD). Desain penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian tindakan model Kemmis dan Tagart yang dirancang dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus tindakan terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu pertama: planning (perencanaan), kedua: acting (tindakan) dan observing (pengamatan), dan ketiga reflecting (refleksi). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan seni tari yang mengambil mata kuliah tembang, yaitu mahasiswa semester 4, yang terdiri dari 24 orang mahasiswa, 2 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian dilakukan pada minggu terakhir bulan Maret sampai dengan Juni 2008 setiap hari Senin dan Kamis pada jam kuliah. Tempat di Laboratorium Karawitan lantai I. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan dan tes penampilan. Fokus pengamatan adalah proses dan hasil pembelajaran. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan dengan uji-t Sampel Berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) dari aspek proses, pendekatan Cooperative Learning dengan model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar tembang mahasiswa program studi Pendidikan Seni Tari FBS Universitas Negeri Yogyakarta meskipun baru pada tataran motivasi ekstrinsik, indikatornya aktivitas belajar di kelas menjadi lebih hidup akan tetapi belum bisa menyentuh aspek yang penting yaitu motivasi intrinsik. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran atau presensi kelas yang dari waktu ke waktu masih tetap stagnan; (2) Dari segi pembelajaran, pendekatan Cooperative Learning dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa menjadi lebih baik dari rata-rata sekor pada awal 65,38 naik menjadi 67,13 pada akhir siklus satu dan 69,78 pada akhir siklus 2. Dan dengan menggunakan uji t sample berpasangan diketahui bahwa peningkatan tersebut sangat signifikan pada semua aspek

Item Type: Other
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 02:08
Last Modified: 21 Jun 2012 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item