UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN APRESIASI SENI PEDALANGAN MELALUI TEKNIK DISKUSI

Drs. Marwanto, M.Hum. (2010) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN APRESIASI SENI PEDALANGAN MELALUI TEKNIK DISKUSI. UNY.

[img] Text
16_Marwanto.doc

Download (34kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Seni Pedalangan Melalui Teknik Diskusi ini, adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang seluk beluk / perabot wayang. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan seni tari semester genap (II) yang mengambil mata kuliah apresiasi seni pedalangan (ASP) sejumlah 52 mahasiswa. Cara pengambilan data adalah dengan observasi, wawancara secara mendalam dan dokumen. Sistem kerja siklus adalah dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing pemahaman dari tiap amatan dapat diambil suatu kesimpulan, sehingga jika digabungkan masing-masing kesimpulan dari tiap amatan akan dapat menghasilkan pemahaman yang menyeluruh, yakni pemahaman tentang perabot wayang. Sedangkan pemahaman tentang perabot wayang tersebut merupakan tujuan utama di dalam mata kuliah Apresiasi Seni Pedalangan (ASP). Dengan dikuasainya pemahaman tentang perabot wayang oleh para mahasiswa yang mengambil mata kuliah ASP, maka tingkat keberhasilannya di dalam mata kuliah ini adalah tinggi. Hal ini bisa dilihat dari nilai akhir semester yang rata-rata sudah baik. Di samping itu, untuk lebih memahami tentang wayang, semua mahasiswa secara individu diberi tugas untuk menyusun tentang tokoh wayang beserta penjelasannya. Kata Kunci : perabot wayang, pemahaman, keberhasilan

Item Type: Other
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 21 Jun 2012 01:54
Last Modified: 29 Jun 2016 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item