DAUR ULANG LIMBAH PLASTIK DAN LOGAM UNTUK PENGEMBANGAN SCIENCE EQUIPMENT SUATU UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMULUNG DALAM BENTUK KEMITRAAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

Dadan Rosana, M. Si. (2006) DAUR ULANG LIMBAH PLASTIK DAN LOGAM UNTUK PENGEMBANGAN SCIENCE EQUIPMENT SUATU UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMULUNG DALAM BENTUK KEMITRAAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT. UNY.

[img]
Preview
Text
Dadan_Rosananew.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengandung empat aspek mendasar yaitu; pertama, Mengembangkan model pemberdayaan masyarakat pemulung dengan mengacu pada pengembangan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat, kedua, upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat pemulung melalui workshop suatu strategi pemberian keterampilan hidup (life skills) tambahan terkait dengan pekerjaannya, ketiga, upaya penanganan lingkungan melalui daur ulang limbah Plastik dan Logam untuk mengembangkan science equipment yang terkait dengan strategi atau model pembiayaan pendidikan bagi masyarakat, dan keempat, dimensi kultural yang terkait dengan upaya menciptakan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat yang berdampak pada Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan science equipment adalah Research and Development (R&D). Sedangkan pada tahapan deseminasi digunakan pendekatan collaboration action research (CAR). Dengan rancangan kegiatan tersebut empat tujuan dari penelitian ini pada tahun kedua telah dicoba direalisasikan melalui tahapan kegiatan yang terstruktur dan sistematis, yaitu: (1) Tahap survey dan observasi untuk identifikasi awal, termasuk di dalamnya pengembangan need assesment baik pada pemulung maupun sekolah, (2) Tahap Pengembangan Perangkat Pembelajaran, (3) Tahap pelatihan pemulung dan guru, (4) Tahap Pembelajaran Nyata (real teaching), dan (5) Tahap analisis data. Dengan tahapan semacam itu maka kegiatan penelitian ini telah mengarah pada realisasi dari tujuannya yaitu: mengembang┬Čkan model pemberdayaan masyarakat pemulung dengan mengacu pada pengembangan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat pemulung melalui workshop suatu strategi pemberian keterampilan hidup (life skills) tambahan terkait dengan pekerjaannya, mengembangkan upaya penanganan lingkungan melalui daur ulang limbah plastik dan logam untuk mengembangkan science equipment yang terkait dengan strategi atau model pembiayaan pendidikan bagi masyarakat, serta mengembangkan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat yang berdampak pada tingkat pendidikan siswa yang berasal dari keluarga pemulung. Kata kunci: daur ulang, science equipment, pemberdayaan pemulung FMIPA, 2006 (PEND. FISIKA)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 01:29
Last Modified: 21 Jun 2012 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item