MODEL AKSELERASI PENGEMBANGAN SAMBI SEBAGAI DESA WISATA INTERNATIONAL MELALUI STRATEGI KEMITRAAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI DENGAN DUKUNGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI BAHASA GLOBAL

Dadan Rosana, Dr., M.Si MODEL AKSELERASI PENGEMBANGAN SAMBI SEBAGAI DESA WISATA INTERNATIONAL MELALUI STRATEGI KEMITRAAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI DENGAN DUKUNGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI BAHASA GLOBAL. UNY.

[img]
Preview
Text
Dadan_Rosana.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Desa wisata Sambi terletak di padukuhan Sambi, Desa Hargobinangun Sleman DIY, merupakan salah satu padukuhan yang potensial untuk dikembangkan menjadi desa wisata inter¬nasional. Permasalahan yang ada saat ini adalah rendahnya dukungan sumber daya manusia yang berupa rendahnya kemampu¬an dalam bidang literasi sains dan teknologi serta kemampuan komunikasi dalam bahasa Internasional. Untuk itulah maka pe¬nelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di pedukuhan Sambi, baik dalam literasi sains dan teknologi sehingga mampu meningkatkan produk teknologi ber¬basis muatan lokal, maupun dalam bidang penguasaan bahasa ko¬munikasi internasional. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah; (1) Melakukan analisis kebutuhan (need analysis) untuk memetakan daya dukung terhadap berbagai potensi yang ada di pe¬dukuhan Sambi, (2) Mengembangkan model pemberdayaan masya¬rakat Sambi dan kemitraan dengan Perguruan Tinggi dan industri, (3) Mengembangkan model pembelajaran masyarakat berbasis ke¬arifan lokal di dukuh Sambi agar memiliki literasi sains dan tekno¬logi serta kemampuan komunikasi bahasa international, (4) Me¬ngembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan muatan lokal, (5) Meningkatkan kualitas produksi lokal melalui pelatihan dan workshop (6) Membantu akses publikasi secara internasional melalui pembuatan Web dan Situs tentang desa wisata Sambi (7) Membantu akses masyarakat untuk mendapatkan bantuan optimal dari tataran birokrasi yang berwenang. Penelitian ini bersifat eksplanatoris dengan pendekatan Research and Development (R&D) menggunakan four-D Models (Define, Design, Develop, and Deseminate). Data dianalisis dengan Analisis Jalur atau Path Analisis (Pedhazur, 1982; Sudjana, 1992) dengan didasari hubungan antar ubahan adalah kausal yang mono¬tonik. Teknik Analisis Jalur digunakan karena penelitian ini ber¬tujuan untuk mengetahui kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Ada¬pun beberapa hasil yang dicapai pada penelitian tahun pertama ini diantaranya adalah; (1) upaya pemberdayaan masyarakat desa wisata sambi telah dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan percakapan dasar bahasa Inggeris dan pembuatan souvenir berbasis sablon yang sekaligus meningkatkan literasi sains dan teknologi masyarakat, (2) kemitraan telah dapat terjalin dengan baik melalui beberapa lembaga baik yang membantu pengelolaan sarana pari¬wisata yang ada maupun dalam rangka peningkatan kualitas sum¬ber daya pariwisata, dan (4) akses publikasi telah berhasil di¬kembangkan melalui pembuatan web khusus untuk mem¬promosi¬kan desa wisata Sambi. FMIPA, 2008 (PEND. FISIKA)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 21 Jun 2012 01:29
Last Modified: 26 Jun 2012 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item