PENGEMBANGAN MODEL KBSB (KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI BERPIKIR) MELALUI PEMBELAJARAN SAINS REALISTIK UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS HANDS-ON DAN MINDS-ON SISWA

Al Maryanto, Drs (2010) PENGEMBANGAN MODEL KBSB (KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI BERPIKIR) MELALUI PEMBELAJARAN SAINS REALISTIK UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS HANDS-ON DAN MINDS-ON SISWA. UNY.

[img]
Preview
Text
Maryanto.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi KBSB yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan prestasi belajar. Adapun sebagai subjek penelitian adalah siswa SMPN 2 Sentolo kelas 3 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Data dianalisis mengguna¬kan sistem peningkatan skor melalui gain score. Aktivitas siswa selama pembelajaran ditunjukkan dengan persentase kegiatan me¬liputi mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan me¬nanggapi pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan stra¬tegi KBSB telah dapat meningkatkan aktivitas hands on dan minds on siswa. Peningkatan keterampilan berpikir ditunjukkan dengan ketercapaian gain score sebesar 0,36. Kata kunci: keterampilan berpikir, aktivitas hands on dan minds on FMIPA, 2008 (PEND. FISIKA)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 01:20
Last Modified: 21 Jun 2012 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item