ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN ALAT DI BENGKEL OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PENGASIH

Amri, Husnianto (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN ALAT DI BENGKEL OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Amri Husniant 11504244012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN ALAT DI BENGKEL OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh: Amri Husnianto NIM. 11504244012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara pengelolaan dan perawatan alat di bengkel otomotif SMK N 2 Pengasih tahun ajaran 2015/2016; dan (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kerusakan alat di bengkel otomotif SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun obyek penelitiannya yaitu peralatan praktik bengkel otomotif SMK N 2 Pengasih, sedangkan subyek penelitiannya adalah kepala bengkel, guru, teknisi, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket sebagai data utama dan dibantu dengan teknik wawancara untuk melengkapi data utama. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan instrumen angket. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi, dilakukan dengan cara mengonsultasikan butir-butir pertanyaan yang ada di dalam angket kepada ahli di bidangnya. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Cara pengelolaan dan perawatan alat di bengkel otomotif SMK N 2 Pengasih secara umum baik karena seluruh aspek atau indikator pada pengelolaan perawatan telah dilaksanakan di bengkel otomotif. (2) Faktor-faktor penyebab kerusakan alat di bengkel otomotif SMK N 2 Pengasih antara lain adalah: (a) Kurangnya pendidikan atau pelatihan yang relevan dengan peningkatan kemampuan teknisi dalam pengelolaan bengkel; (b) Terdapat kesulitan dalam mencari data peralatan dan perlengkapan; (c) Kurang lengkapnya data pendukung untuk informasi tentang peralatan yang dapat menghambat kinerja teknisi; (d) Tidak tercantumnya intensitas pemakaian alat; (e) Tidak terdapat tanda khusus pada alat sesuai dengan intensitas pemakaian; (f) Kurangnya dana untuk pemeliharaan alat; (g) Kurangnya dana untuk proses pengerjaan perbaikan alat yang mengalami kerusakan; (h) Tidak tersedianya suku cadang untuk kegiatan pemeliharaan alat dan suku cadang alat-alat golongan sensitifitas tinggi pada saat diperlukan; (i) Penggantian suku cadang yang tidak mengikuti rekomendasi atau petunjuk dari pabrik pembuat alat; (j) Masa penggantian suku cadang tidak memperhatikan faktor masa pemakaian; (k) Beban kerja dan cara pemakaian alat; dan (l) Tidak disiplin dan cerobohnya siswa sebagai pengguna utama dalam menggunakan alat dapat menyebabkan kerusakan. Kata kunci: Alat, Bengkel, SMK N 2 Pengasih

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33431

Actions (login required)

View Item View Item