PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA LANJUT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FISE UNY

Ali Muhson, and Mustofa, and Losina Purnastuti, (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA LANJUT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FISE UNY. uny. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
pdm.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan minat belajar Statistika Lanjut pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY. (2) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan pemahaman Statistika Lanjut pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY tentang Statistika Lanjut. Penelitian ini dilaksanakan Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi FISE UNY, dengan mengambil subjek penelitian tiga orang dosen dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statistika Lanjut sebanyak 52 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian tindakan kelas yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, implementasi tindakan, pemantauan, serta evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa (1) penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa. Indikasinya adalah proses pembelajaran cukup menyenangkan dan mampu meningkatkan peran aktif mahasiswa. (1) Penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa. Indikasinya adalah proses pembelajaran menjadi lebih mudah diikuti dan adanya peningkatan nilai mahasiswa. FISE, 2007 (EKONOMI KOPERASI)

Item Type: Other
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 06:28
Last Modified: 20 Sep 2012 09:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item