Peningkatan Berpikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi, dan Kolaborasi melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak

Sabirin, Febrianto (2016) Peningkatan Berpikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi, dan Kolaborasi melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febrianto-sabirin-13702251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis; (2) kreativitas; (3) kemampuan komunikasi; dan (4) kemampuan kolaborasi mahasiswa pada mata kuliah Pemrograman dengan pembelajaran berbasis proyek di Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang memiliki empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek peneltian yaitu 28 mahasiswa semester 2 kelas A di Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Pontianak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar penilaian hasil proyek, dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu lebih dari 80% mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi dengan kategori tinggi dan sangat tinggi melalui pembelajaran berbasis proyek. Analsis data melalui lima langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis proyek terjadi melalui pelaksanaan identifikasi masalah, menentukan tujuan, eksplorasi strategi, bertindak dan mengantisipasi hasil, dan melihat kembali dan belajar; (2) peningkatan kreativitas dengan pembelajaran berbasis proyek terjadi melalui pelaksanaan identifikasi masalah, eksplorasi strategi, dan bertindak dan mengantisipasi hasil; (3) peningkatan kemampuan komunikasi dengan pembelajaran berbasis proyek terjadi melalui pelaksanaan eksplorasi strategi, bertindak dan mengantisipasi hasil, dan menampilkan hasil proyek; dan (4) peningkatan kemampuan kolaborasi dengan pembelajaran berbasis proyek terjadi melalui pelaksanaan eksplorasi strategi, bertindak dan mengantisipasi hasil, dan menampilkan hasil proyek.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, pembelaran berbasis proyek
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 03:15
Last Modified: 09 May 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29903

Actions (login required)

View Item View Item