EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DAUR BELAJAR PADA MATA

Amri, Khoiriyah EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DAUR BELAJAR PADA MATA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_DAUR_BELAJAR_PADA_MATA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang bermakna antara prestasi belajar kimia siswa _yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode daur belajar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional (pembelajaran biasa), yang dilaksanakan di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Muntilan untuk materi pokok Lcrju Reaksi dan Kesetimbangun Kimia. Sampel dalam penelitian in] adalah 78 siswa yang berasal dari dua kelas yang ditentukan secara cluster random sampling dari 240 siswa yang ada. Satu kelas untuk kelompok eksperimen (AI) dan satu kelas untuk kelompok kontrol (A2). Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi untuk data pengetahuan awal kimia dan metode tes/ujian untuk data prestasi belajar kimia. Analisis statistik yang digunakan MIA Anakova dengan satu kovariabel. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan yang bermakna pada prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode daur belajar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional (pembelajaran biasa), jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik dengan Fo = 24,668 (p<0,01). Dengan demikian, metode daur belajar efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: pendidikan kimia UNY
Date Deposited: 06 Aug 2012 00:38
Last Modified: 06 Aug 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item